Kamis, 06 Juni 2013

Renungan hari ini



Renungan Harian Kristen - 06 Juni 2013

Warisan

Bacaan: II Timotius 1:5; 3:14-15

Aku teringat akan imanmu..., yaitu iman yang hidup di dalam nenekmu Lois.- II Timotius 1:5


Menjadi keinginan bagi semua orang tua untuk bisa mewariskan sesuatu bagi anak-anaknya kelak. Yang pasti, sebagai orang tua tentu ingin anak kita memiliki hidup yang lebih baik. Kita mempunyai sebidang tanah, maka kita akan mencoba membagi tanah itu dengan adil sebagai warisan bagi anak-anak kita. Atau bisa saja warisan yang akan kita berikan berupa harta benda, kekayaan, perusahaan atau barang berharga lainnya yang kita miliki. Lalu, bagaimana seandainya kita tidak memiliki semua benda-benda berharga itu? Apakah itu berarti anak kita tak akan mendapat warisan apa-apa dari kita? Masih ada satu hal lagi hal berharga yang bisa kita wariskan kepada anak-anak kita. Ini jauh lebih berharga dari semua harta benda itu dan yang unik, semua orang bisa mewariskan hal ini tanpa terkecuali. Warisan seperti apakah itu?
Pengenalan akan Tuhan dan teladan hidup yang baik! Warisan dalam bentuk harta benda bisa habis lenyap. Perusahaan bisa bangkrut. Tanah bisa menjadi sengketa besar. Deposito bisa habis. Tapi jika kita mewariskan pengenalan akan Tuhan maka kita sedang mewariskan sesuatu yang bernilai kekal. Jika kita mewariskan teladan hidup yang baik dan hidup takut akan Tuhan, maka anak-anak kita akan bertumbuh menjadi orang yang luar biasa di dalam Tuhan.
Saya sangat tertarik mempelajari pohon keluarga dari Timotius. Tentu kita kenal Timotius sebagai anak muda yang dipakai Tuhan secara luar biasa pada jamannya. Timotius bisa sehebat itu karena menerima warisan rohani berupa pengenalan akan Tuhan dari Eunike, ibunya. Uniknya, Eunike bisa mengajar Timotius hidup takut akan Tuhan karena ia menerima warisan rohani dari ibunya yang bernama Lois. Lois memberi warisan yang begitu berharga bagi anak cucunya! Saya tak bisa bayangkan seandainya Lois atau Eunike tak mewariskan pengenalan akan Tuhan dan hidup takut akan Tuhan, mungkin ceritanya akan berbeda. Bisa jadi kita tak pernah kenal nama Timotius sampai hari ini! Mewariskan harta benda dan barang berharga bagi anak cucu kita memang penting, tapi jangan lupa bahwa ada warisan yang jauh lebih penting dari semuanya itu. Pengenalan akan Tuhan, hidup takut akan Tuhan dan memberi teladan hidup yang baik. Hal itu bisa kita wariskan mulai saat ini! Tak semua orang bisa mewariskan harta benda kepada anaknya, tetapi semua orang bisa mewariskan pengenalan akan Tuhan kepada anak cucunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar