Sabtu, 08 Juni 2013

Renungan Hari ini



Renungan Harian Kristen - 08 Juni 2013

Yang Berharga!

Bacaan: I Petrus 3:1-6

Tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi...,yang sangat berharga di mata Allah.- Petrus 3:4


Tidak dapat dipungkiri bahwa media dan berbagai pendapat tentang pentingnya penampilan sekarang ini telah membius pikiran bawah sadar kita untuk menerima dan mengikutinya. Dari manakah orang serempak berpendapat bahwa wanita yang cantik adalah yang bertubuh langsing, berkulit putih dan berambut panjang? Pendapat kelompok tertentu yang berhasil membentuk pola pikir seperti itulah yang telah melakukannya.
Padahal di jaman dulu tiap wilayah dan etnik tertentu memiliki kriteria dan pandangan sendiri-sendiri tentang kecantikan maupun ketampanan seseorang. Ada suku-suku yang berpendapat bahwa wanita cantik adalah yang bertelinga panjang, atau berleher sangat panjang dengan gelang-gelang di lehernya. Adapula yang menganggap bahwa wanita dengan telapak kaki yang sangat kecil sangatlah anggun hingga para wanita rela mengikat kakinya dan tidak pergi kemana-mana.
Bila seorang wanita dengan rambut shaggy di cat kepirangan hidup di jaman kakek nenek kita, ia akan dianggap kurang waras. Namun kini dengan kehadiran media dan trendsetter tertentu, kita bisa "sepakat" berpendapat tentang kecantikan maupun kriteria idealnya penampilan fisik seseorang. Kini tiap tahun orang menetapkan trend tertentu yang "wajib" diikuti masyarakat.
Itulah sebabnya kita perlu memperhatikan apa saja yang masuk ke telinga dan pikiran kita. Disadari atau tidak, cara berpikir kita sangat dipengaruhi oleh pendapat yang masuk ke dalam pikiran kita. Bila saat ini media begitu menggembar-gemborkan betapa pentingnya penampilan yang trendy dan modis, jangan pernah lupa dengan apa yang Tuhan anggap penting tentang penampilan kita.
Perhiasan rohani yang Tuhan inginkan untuk kita miliki adalah karakter seperti Kristus. Bila Tuhan saja begitu menghargai nilai sebuah karakter dalam diri kita, bukankah seharusnya kita juga sependapat dengan Dia? Tuhan jelas lebih tahu cara menilai sesuatu karena Ia maha tahu. Tuhan mengerti manakah yang akan bertahan kekal dan manakah yang sifatnya hanya sementara. Seringkali kita tertipu tentang hal ini karena kita tidak mengetahui nilai kekal sesuatu. Hari ini mintalah Tuhan untuk mengubah cara penilaian kita yang salah tentang hal-hal lahiriah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar