Kamis, 06 Juni 2013

Renungan Hari ini



Renungan Harian Kristen - 07 Juni 2013

Perbesar Hati

Bacaan: Yeremia 16:16-18

Semuanya itu tidak tersembunyi dari pandanganKu.- Yeremia 16:17


Saya tertarik dengan sebuah statement yang dilontarkan oleh BC Gorbes, seorang Executive Intelligence, yang berkata demikian, "Ukuran tubuhmu kurang penting, ukuran otakmu agak penting, ukuran hatimu yang paling penting." Untuk mencapai sebuah keberhasilan dan kemenangan justru hati atau jiwa yang besarlah yang sangat diperlukan.
Saya menghubungkan pernyataan BC Gorbes itu ke dalam dunia rohani, dan saya sangat setuju bahwa kekristenan yang berkenan kepada Tuhan selalu didasarkan dari hati yang mengasihi Tuhan, bukan penampilan lahiriah kita juga bukan pengetahuan kita tentang hal-hal rohani. Mengadaptasi pernyataan BC Gorbes tersebut boleh saya katakan bahwa penampilan lahiriah kita kurang penting, pengetahuan kita tentang Allah agak penting, dan iman serta hati yang mengasihi Tuhan adalah yang paling penting.
Kekristenan tanpa didasarkan oleh hati yang mengasihi Tuhan akan sia-sia belaka. Kita boleh saja punya penampilan lahiriah yang menawan dan mengundang decak kagum banyak orang, namun jika hati kita tidak sebersih pakaian putih yang kita kenakan atau hati kita tidak semanis perkataan kita maka kita tidak akan pernah berkenan di hadapan Tuhan. Atau boleh saja kita punya pengetahuan tentang isi Alkitab secara luar biasa, bahkan di belakang nama kita masih ada sederet embel-embel gelar teologia, namun jika isi Alkitab hanya sebatas di pikiran saja dan tidak ada di hati maka hal itu juga tidak ada gunanya.
Manusia bisa kita tipu dengan penampilan luar kita tapi bagaimana mungkin kita bisa menipu Tuhan? Bukankah Tuhan lah yang menyelidiki hati manusia, bahkan sampai dasar hatinya yang paling dalam. Bukankah Tuhan sendiri berkata, "Sebab Aku mengamat-amati segala tingkah langkah mereka, semuanya itu tidak tersembunyi dari pandanganKu dan kesalahan mereka pun tidak terlindung di depan mataKu?" Ingin menjadi orang Kristen yang berkenan di hadapan Tuhan? First things first, yang pertama dan yang paling utama, perbesarlah hati kita di hadapan Tuhan. Jangan buang-buang waktu hanya dengan memperhatikan penampilan lahiriah atau hanya menambah pengetahuan saja tanpa ada hati yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar