Senin, 24 Juni 2013

Renungan Harian Kristen, Hari ini .. ..



Renungan Harian Kristen - 24 Juni 2013

Integritas

Bacaan: Amsal 28:1-28

Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat.- Amsal 28:20


Anda seorang pemimpin? Entahkah Anda menjadi pemimpin di kantor, menjadi pemimpin di sebuah instansi pemerintah, menjadi pemimpin di masyarakat, menjadi pemimpin di gereja atau menjadi pemimpin dalam keluarga, ada satu syarat mutlak yang diperlukan bagi kepemimpinan kita, yaitu integritas! Tanpa integritas kita tidak akan pernah menjadi pemimpin yang berhasil. Bisa saja kita tetap menduduki kursi jabatan dan nama kita yang tertera di surat-surat masih menunjukkan bahwa kita adalah seorang pimpinan. Namun tanpa integritas sebenarnya setiap orang yang ada di bawah jajaran kita sudah kehilangan kepercayaan atas diri kita sebagai pemimpin. Dan pemimpin yang tidak mendapat kepercayaan atau keyakinan dari setiap orang yang mengikutinya adalah pemimpin yang gagal!
Integritas mengedepankan karakter yang teruji daripada sekedar posisi atau jabatan tertentu. Integritas mementingkan pelayanan daripada kekuasaan. Integritas lebih berbicara tentang kepercayaan dibandingkan strategi atau taktik untuk mempengaruhi orang lain dan memaksanya melakukan semua hal yang kita kehendaki. Integritas lebih memikirkan hubungan jangka panjang daripada hubungan yang sangat menguntungkan namun hanya sesaat saja.
Tanpa integritas, tak akan pernah ada kesuksesan. Seperti apakah integritas itu dalam wujud yang lebih riil dalam kepemimpinan kita? Integritas memiliki karakter yang bisa menjadi teladan dan contoh. Integritas adalah kejujuran dan sikap kita yang terbuka. Tak ada kepalsuan, tak ada kamuflase dan bebas dari kemunafikan. Integritas adalah sikap yang rendah hati. Tidak semena-semena karena memiliki posisi tinggi sebaliknya rendah hati dan melayani orang-orang yang ada di bawah kita. Integritas selalu memiliki kata-kata yang bisa dipercayai. Memenuhi setiap janji yang pernah terujar dan tak ada penipuan.
Presiden AS Dwight Eisenhower pernah berkata tentang integritas, "Untuk menjadi pemimpin, seseorang harus mempunyai pengikut. Untuk mempunyai pengikut ia harus mendapatkan kepercayaan dari mereka. Jadi kualitas tertinggi seorang pemimpin adalah integritas. Tanpa integritas mustahil ada kesuksesan. Tanpa integritas yang jelas akan gagal. Ajaran dan perbuatannya harus sesuai. Jadi, kebutuhan terbesar pertama adalah integritas dan tujuan yang mulia."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar