Senin, 02 September 2013

Renungan harian kristen, hari ini .. ..



Renungan Harian Kristen - 02 September 2013

Hukum Gema Kehidupan

Bacaan: Lukas 6:37-42

Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi.- Lukas 6:37


Sesekali pergilah ke sebuah gua untuk melihat seperti apa hukum gema berlaku. Ketika Anda mulai mengucapkan sesuatu dengan suara yang keras, apa yang Anda ucapkan akan kembali sama persis. Misalnya Anda berteriak,”Aku cinta padamu...” segera sesudah itu Anda akan mendengar suara yang sama, “Aku cinta padamu... Aku cinta padamu ... cinta padamu.”
Demikian juga hukum gema ini berlaku dalam kehidupan. Kita akan mendapatkan kembali tepat apa yang kita berikan. Semuanya pasti kembali lagi, bahkan kadangkala dalam ukuran yang lebih besar daripada yang kita berikan. Tepat seperti apa yang dikatakan Tuhan Yesus dalam salah satu pengajaranNya yang sangat terkenal, “Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum, ampunilah maka kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi...” Perlakukanlah orang lain seperti Anda ingin diperlakukan!
Hukum gema ini akan berlaku dalam keluarga. Jika Anda menginginkan suami Anda baik, tak berlaku kasar, mengasihi dengan tulus dan kebaikan-kebaikan yang lain, mulailah lebih dulu melakukan hal-hal itu sebagai seorang istri. Jika Anda menginginkan orang lain berbuat baik dengan Anda, mulailah Anda menabur kebaikan lebih dulu. Jika menginginkan orang lain menghargai dan menghormati Anda, tentu Anda harus mulai bersikap menghargai dan menghormati lebih dulu. Seorang anak akan menggemakan orang tuanya. Seorang murid akan menggemakan gurunya. Tentu saja seorang jemaat akan menggemakan pendetanya.
Sebaliknya kalau ingin melihat perlakuan-perlakuan buruk menimpa Anda, saya berikan resep yang sangat mudah sekaligus manjur, mulailah memperlakukan orang lain dengan buruk. Ingat, hukum gema akan selalu berlaku secara konsisten. Tahu kebenaran ini seharusnya kita akan lebih hati-hati dalam kehidupan ini. Lebih hati-hati dengan apa yang kita katakan dan apa yang kita lakukan. Karena pada gilirannya kita pasti akan menerima kembali sama persis dengan apa yang kita berikan, tentu saja kita akan menerima kembali beserta bunganya juga. Mirip dengan hukum tabur tuai, demikian juga hukum gema ini akan berlaku. Apa yang kita tabur pasti akan kita tuai. Apa yang kita gemakan pasti akan kembali pada diri kita.
Hari ini Anda ingin diperlakukan seperti apa? Lakukanlah lebih dulu hal itu kepada seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar