Senin, 08 Juli 2013

Renungan Harian Kristen, Hari ini .. ..



Renungan Harian Kristen - 08 Juli 2013

Proses Penurunan

Bacaan: Keluaran 2:1-22

Tetapi Musa melarikan diri dari hadapan Firaun dan tiba di tanah Midian. - Keluaran 2:15


Bagaimana perasaan Anda ketika harus mengalami proses penurunan? Anda masih ingat bagaimana rasanya mengendarai mobil buatan Jerman dengan wangi parfum yang khas, namun sekarang harus merasakan panas dan pengapnya bergelantungan di bis yang sesak dengan penumpang. Anda masih ingat beberapa tahun silam saat tiba waktunya untuk makan, kata-kata ritual yang sering Anda ucapkan adalah kita ingin makan apa? Namun sekarang Anda harus mengganti kata-kata itu menjadi, adakah yang kita makan? Dulu bos sekarang jadi karyawan. Dulu konglomerat, sekarang melarat. Dulu sangat ditakuti, sekarang tak lagi dianggap. Kebangkrutan telah merebut hidup kita. Itulah proses penurunan.
Seperti ketika seorang pemuda Ibrani yang begitu beruntung bisa tinggal di istana Mesir, hidup dalam kemewahan dan sangat dihormati, namun sekarang harus lari ke padang untuk menghabiskan 40 tahun sebagai gembala sederhana! Namanya Musa.
Seperti ketika seorang remaja yang kemarin masih pamer baju mahal yang diberikan sang ayah, tapi sekarang harus melepas baju bermerk itu dan ia sendiri dijual sebagai budak oleh saudara-saudaranya sendiri. Namanya Yusuf.
Seperti ketika seorang pahlawan yang dihormati dan menerima banyak pujian dari rakyat, karena mengalahkan raksasa musuh. Tapi sekarang ia sedang jadi buron pemerintah dan harus berpura-pura tidak waras. Namanya Daud.
Proses penurunan ada kalanya Tuhan ijinkan, tapi itu bukan berarti kisah mereka selesai sampai di situ. Tuhan belum selesai, buktinya dari padang Midian muncul seorang pemimpin yang berhasil membawa Israel keluar dari perbudakan. Tuhan belum selesai, dari jeruji penjara muncul seorang penafsir mimpi yang akhirnya menjadi penguasa muda di Mesir. Tuhan belum selesai, tak selamanya pahlawan itu menjadi buron. Kesempatan itu akhirnya datang dan menghantarkannya menjadi raja atas Israel.
Jika hari-hari ini Anda merasa berat untuk menjalani hidup karena Tuhan sedang mengijinkan proses penurunan terjadi dalam hidup Anda, jangan pernah berkata sudah selesai! Tuhan belum selesai. Di balik semuanya itu, Tuhan punya rencana yang besar atas hidup Anda. Pertahankan iman dan milikilah pengharapan di dalam Kristus bahwa yang terbaik akan segera datang untuk menghampiri Anda.
Bacalah biografi yang berliku-liku dari Daud.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar